PEGGY studio photo digital 2 (Photo Outdoor/Indoor, Cetak Photo, Kartu Undangan) di Jl. Laksamana(Barat SPBU Bhakti Seraga), Singaraja

Google Website Translator Gadget

Selasa, 10 Januari 2012

DESA SELAT DALAM SEJARAH & PERKEMBANGANNYA

Sejarah Desa
Sejarah Desa Selat dimulai dan tertulis di dalam Prasasti Gobleg Pura Batur Nomor 10.11. Di sana disebutkan bahwa Desa Selat adalah batas utara dari Desa Pasraman Tamblingan.
Photo : Dokumentasi R Computer dr Google Earth
Photo : Dokumentasi R Computer
Dalam prasasti ini disebutkan bahwa Ida Bhatara Dalem Tamblingan (Sri Maha Raja Wira Tamblingan), pada suatu hari mengutus putranya yang lebih tua menuju ke Gobleg. Dan adiknya diutus menuju ke Selat, yang diikuti oleh 4 orang pengikutnya yaitu: I Pasek,  I Bendesa, I Pengenter, dan I Kubayan.
Ida Bhatara yang pergi ke Selat, tiba di tempat yang datar, disanalah Beliau beristirahat bersama pengikutnya. Dan tempat ini diberi nama pura keleson dan kemudian diberi nama Pura Laya-loyo dan sampai akhirnya diberi nama Pura Suka Jati.
Kemudian Beliau melanjutkan perjalanan ke bukit sebelah utara yang akhirnya diberi nama Gintungan.
Beliau melanjutkan perjalanan ke arah barat laut, sampai akhirnya di suatu tempat di sana membangun tempat peristirahatan walaupun cuma batar rateng, sampai akhirnya tempat ini diberi nama Penataran.
Setelah itu Beliau melanjutkan perjalanan ke arah Timur, sampai di tempat yang berbukit, yang sekarang dikenal dengan nama Bukit Gunung Sekar.
Tidak terkisahkan berapa lamanya perjalanan Beliau, sampailah di sebuah lembah tempat pertemuan dua buah sungai (Campuhan) yang sekarang dikenal dengan nama “Mailan”.
     Setelah itu beliau melanjutkan perjalanan menuju ke utara, sampai pada sebuah batu besar yang disebut “Batu Bantenan”. Disanalah Beliau berstana membuat kerajaan. Karena tempat berstana beliau dikelilingi oleh hutan pandan, maka stana beliau ini disebut “ Selat Pandan Banten”.
     Tidak terkisahkan berapa lama perkembangan Desa Selat, sampai akhirnya terjadi pemerintahan yang lebih modern, sehingga Desa Selat Pandan Banten terpimpin oleh keperbekelan.
     Adapun pemimpin-pemimpin atau perbekel yang pernah memimpin Desa Selat Pandan Banten adalah sebagai berikut :
1.    Pan Sri Mukia masa jabatan Th. ……. - ………
2.    Pan Siwi masa jabatan Th. ……. - ………
3.    Pan Warti masa jabatan Th. ……. - ………
4.    Pan Negari masa jabatan Th. ……. - ………
5.    Pan Krai masa jabatan Th. ……. - ………
6.    Ketut Candra masa jabatan Th. ……. - 1965
7.    I Gede Rai masa jabatan Th. 1965 - 1993
8.    Putu Mara masa jabatan Th. 1993 - 2000
9.    Putu Mangku Budiasa  masa jabatan Th. 2001 - 2007
10. I Made Suwartana, SE masa jabatan Th. 2008 - sekarang

Demikianlah sekilas sejarah pemerintahan Desa Selat Pandan Banten.


Photo : Dokumentasi R Computer
Pembangunan Desa Selat

            Sebelum kami uraikan pembangunan yang ada di Desa Selat, maka perlu kami jelaskan bahwa Desa Selat Pandan Banten, terdiri dari tujuh banjar dinas, yakni : Banjar Dinas Selat, Banjar Dinas Bululada, Banjar Dinas Gunung Sekar, Banjar Dinas Sekar Sari, Banjar Dinas Gambuh, Banjar Dinas Tukad Juwuk, dan Banjar Dinas Witajati.
            Sejarah Pembangunan di Desa Selat, dari tahun ke tahun terus bergulir dan terus berkembang yang tersebar di 7 banjar dinas. Hingga sampai akhirnya Tahun 2010 ini, Desa Selat memiliki :
1 (satu) Gedung TK, 6 (enam) gedung SD, 1 (Satu) Gedung SMP dan SMA, 1 (Satu) Balai desa, 1 (satu) gedung LPD, 1 (satu) gedung serba guna, 7 (tujuh) balai banjar, dan banyak lagi pembangunan-pembangunan yang sedang berjalan. Pembangunan yang dilaksanakan di Desa Selat, di samping adanya  sumber dana dari pemerintah,juga ditunjang dari swadaya dan gotong royong.



Sumber : PROFIL DESA SELAT dalam RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA SELAT PERIODE 2010-2015